Adverbs of Frequency

Hi, how are you? I do hope you are fine. Before going to teach this evening, I have a little free time and I want to use it for making a new article here. The title is adverbs of frequency. May be some of you have known what the adverbs of frequency are. Upzzz jdi mu keterusan  pakai bahasa Inggris heeee. Malam  ini saya akan coba membuat penjelasan singkat mengenai adverbs of frequency. Mungkin teman-teman sudah pada tau mengenai adverbs of frequency, tetapi apasalahnya mengulang lagi, sapa tau ada yang lupa.

Sebelum saya menjelaskan adverbs of frequency, Apakah teman-teman sudah mengetahui apakah adverb itu? Adverb dalam bahasa Indonesia adalah kata keterangan. Dalam bahasa Inggris fungsi adverb itu sendiri adalah untuk menerangkan kata kerja (verb), adjective (kata sifat) dan bahkan sebuah adverb juga bisa berfungsi untuk menerangkan adverb lainnya. Masih bingung? Silahkan perhatikan contoh di  bawah ini;
1. The man is very tall.
2. I go to school everyday.
3. She walks incredibly slowly.
Pada contoh 1, kata “very” adalah adverb dan kata “tall” adalah adjective. Adverb pada kalimat diatas menerangkan adjective “tall”. Seberapa tinggi kah? ‘sangat tinggi”. Jika kita tidak memakai kata “very” juga tidak mengapa, tetapi dengan memakai kata “very” berarti kita bisa mengetahui seberapa tinggi, yaitu sangat tinggi.
Pada contoh 2, adverb “everyday” menjelaskan kata kerja/verb “go” yang mana dengan menambahkan adverb tersebut kita bisa mengetahuai bahwa aktifitas pada kalimat tersebut “go to school” dilakukuan setiap hari/everyday.
Pada contoh 3, adverb “incredibly” menjelaskan adverb “slowly”. Adverb “slowly’ menjelaskan kata kerja “walk” yang mana bisa diketahui bahwa subjek berjalan/walk dengan lambat. Adverb “incredibly” menjelaskan seberapa lambat yaitu sangat-sangat lambat. Bagaimana, apa sudah mengerti apa itu adverb dan fungsinya. Jadi kesimpulannya, adverb adalah kata sifat yang fungsinya menjelaskan kata kerja/verb, kata sifat/adjective dan sebuah adverb bisa juga menjelaskan adverb lainnya seperti contoh nomor 3 di atas.
Dalam bahasa Inggris kita mengenal banyak adverb, beberapa diantaranya yaitu:
1. Adverb of frequency. (menjawab pertanyaan how often (seberapa sering)
2. Adverb of place/kata keterangan tempat (menjawab pertannyaan dimana/where)
3. Adverb of manner (menjawab pertanyaan how/bagaimana), adverb ini mejelaskan bagaimana sesuatu itu    dikerjakan atau terjadi.
4. Adverb of degree/kata keterangan tingkat (untuk menjawab pertanyaan “how much”  yaitu menjelaskan intensitas dari kegiatan atau kata kerja.
Untuk sekarang, jangan ambil pusing dulu apa itu adverb of place, adverb of  manner, dan adverb of degree, karena pada saat ini saya hanya akan mejelaskan mengenai adverb of frequency. Jadi fokuskan perhatian kita ke situ dulu yah. Untuk penjelasan mengenai jenis-jenis adverb yang lain, insyaallah akan saya jelaskan pada pada materi-materi selanjutnya.

 

This entry was posted in Grammar and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>